Cerita Khitan Zaki

Alhamdulillah. Zaki, anakku sudah di sunat/khitan ketika usia nya pas 12 bulan (kurang 7 hari deng). Tepatnya pada tanggal 20 Mei 2017.

Malam hari setelah khitan. Masih nyeri


Bagi sebagian orang di khitan di usia bayi bisa bikin shock. Tapi beberapa orang lainnya sudah terbiasa. Bahkan banyak juga yang mengkhitan anaknya di usia yang lebih kecil lagi, malah ada yang ketika baru lahir.

Awalnya aku dan suami sama sekali ga ada niatan mengkhitan Zaki saat bayi. Bahkan belum merencanakan sama sekali usia berapa Zaki akan khitan.

Berawal dari iseng, aku memberi tahu suami bahwa di kantorku yang dulu akan mengadakan khitanan. Eh.., Pak suami langsung nyuruh daftar. Karena saat itu hanya sekedar iseng, jadi aku berfikir tanggapan suami ku pun sama hanya iseng juga. Tapi ternyata engga, dia serius. Dan seketika itu juga aku langsung keder.

Aku bilang kepadanya kalo aku ga siap. Karena persiapan nya gak semudah itu. Apalagi Zaki masih bayi, bagaimana mengkondisikan Zaki yang saat itu sedang aktif-aktif nya, dan aku khawatir akan kesehatannya.

Aku ga siap. Ga siap mental sama sekali. Belom lagi gimana mengkondisikan ke keluarga. Karena di keluarga besarku dan suami belum ada yang pernah khitan ketika bayi.

Tapi akhirnya setelah kami berdiskusi dengan cukup alot. Kami pun sepakat untuk mengkhitan Zaki segera.

Dan, Alhamdulillah... semua lancar dan Zaki udah di khitan. Berasa plong banget punya anak laki-laki dan udah di sunat tuh. Kayak ga ada utang lagi gtu.

Beberapa saat setelah khitan, kecapekan karena nangis.

Nah.. apa aja sih pertimbangan yang akhirnya bikin aku dan suami memilih mengkhitan Zaki saat masih bayi?

Pertimbangannya antara lain :

1.  Karena faktor kesehatan. Zaki dari baru lahir udah pake pospak ( emaknya pemalas ๐Ÿ˜…) aku jadi khawatir Zaki akan teresiko terkena ISK (infeksi saluran kemih) atau fimosis dll. Nah ISK dan fimosis ini bisa di minimalisir pada bayi laki-laki khususnya dengan khitan.

2. Faktor kesehatan yang lainnya juga. Karena  katanya khitan ketika bayi lebih cepat proses penyembuhannya.

3. Dengan mempertimbangkan usia Zaki. Aku lihat dan bandingkan Zaki dengan anak-anak yang lebih besar dari dia. Ada anak usia 2,3, dan 4 tahun. Mereka subhanallah tenaga nya besar sekali. Dan kalo luka sedikit aja. Kadang nangis nya heboh banget. Nah.. aku pikir mumpung Zaki masih kecil, dan masih sanggup aku tangani. Khawatirnya kalo nunggu gede, dan dia belom ngerti apa-apa nanti malah ngamuk sendiri.

4. Mumpung anaknya baru satu. Kalo udah dua takutnya makin repot. Belom harus ngurusin penganten sunat. Belom juga harus ngurusin adek nya atau adek-adeknya. (Hehe..Gak sanggup mak)

5. Biar Zaki gak trauma dokter. Karena belum ngerti di apain sama siapa nya. ( Tapi tetep aja trauma deng ๐Ÿ˜…)

6. Faktor ekonomis. Karena ini khitanan massal dari kantor aku kerja dulu. Jadi gratis deehh.. malah pulang-pulang bawa gembolan. ๐Ÿ˜€

Terus gimana pas eksekusi dan saat pemulihannya?

Zaki khitan dengan teknik laser. Nangis ga? Iya.., jerit-jerit malah. Dan Masya Allah.. rasanya waktu itu ngerasa bersalah banget sama Zaki. Dia lagi aktif-aktif nya dan di bikin sakit. Sejam ada nangis terus. Mungkin obat bius nya belom bereaksi. Tapi pas nyampe rumah berenti deh nangis nya. Udah bisa di ajak ketawa-ketiwi lagi. Walau belum mau jalan. (Akunya juga ngeri)

Nah kalo efek obat biusnya ilang, nangis lagi. Dan aku harus segera kipas-kipas dan tiup-tiup.



Seharian Zaki ga pipis. Baru pipis lagi jam 9 malem. Dan ini nih.. bagian yang aku lupa pertimbangkan gimana kalo Zaki pipis dan pup. Mana gak aku pakein pospak lagi. Jadilah selama tiga hari kerjaan ku, ngelap pipis dan bersihin pup nya Zaki yang berceceran dimana-mana. ๐Ÿ˜‚

Malem nya setelah pipis itu, dia udah mau jalan lagi. Udah mau main sama saudara nya. Tidur pun enak, walau kadang ke bangun, karena mungkin perih. Dan aku kembali kipas-kipas.

Besok nya, Zaki udah seger aja. Aktif banget. Lari-lari kesana kemari. Malah mau naik-naik. Seneng sih. Tapi serem. Dia kan baru bisa jalan, jadi jalannya masih keleyengan gtu. Takut jatuh dan kena luka nya.

Hari ke 3 pasca khitan. Udah seger.

Dan soal jatuh ini, yang di takutkan pun terjadi. Dia jatuh di hari kedua pasca sunat, dan tepat kena luka nya. Luka nya yang lagi berangsur pulih tergores, dan menyebabkan luka tersebut menjadi basah lagi. Aku nangis karena khawatir terjadi apa-apa. Keesokan harinya ketika jadwal kontrol, aku langsung ceritain insiden jatuh Zaki ke dokter. Dan alhamdulillah semua baik-baik aja.

Dan hari ke enam pasca khitan, Zaki udah balik lagi deh ke Cikarang naek bis. Karena udah sehat banget.

Oya, semenjak hari ke tiga pasca khitan aku udah pakein lagi pospak ke Zaki. Tapi pake pospak tipe perekat yang ukurannya 2x lebih besar dari ukuran awal. Biar ga kena luka nya.

Tidak semengerikan yang di pikirkan. Alhamdulillah semua lancar. Zaki pun sehat, ayah bunda pun tenang.

Oya, FYI kami tidak mengadakan perayaan apapun ketika zaki di khitan ini. Hanya syukuran kecil-kecilan saja.
Ini sudah menjadi komitmen kami karena tidak mau memberatkan hal yang harus nya mudah.

Karena di daerah tempat tinggalku, banyak orang tua, yang menunda mengkhitan anaknya atau sampai menabung lama bahkan sengaja meminjam uang hanya untuk hajat khitanan anaknya. Yang besaran nominalnya sama dengan orang yang merayakan resepsi pernikahan.

Seminggu setelah khitan. Udah maen sepedaan.
Nah.. itulah sedikit cerita ketika Zaki khitan. Alhamdulillah semuanya lancar, dan tidak semengerikan yang sebelumnya dibayangkan.

Semoga bermanfaat. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š 






Komentar

  1. waahhh... salut banget sama mba eni,
    ga semua orang tua siap ngekhtan anaknya di usia balita.. sehat terus dede zaki :*

    BalasHapus
  2. Akuhh, dua anak lakiku belum dikhitan. Iya sih pas bayi enak anaknya belum ngerti, nah ini Kifah udah gede jadi udah bs nolak karena takut. Duh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heuu.. itu juga pertimbangan ku. Tapi enaknya khitan pas udah gede, dia udah bisa di ajarkan sabar, dan ga perlu repot ngurusin ompol sama pup Ty, hehe๐Ÿ˜€.

      Hapus
  3. keponakanku juga di khitannya pas umur 3 bln mba..nanti juga kalau aku punya anak laki-laki inshaallahaku ada niatan di khitan masih bayi, soalnya kalau masih bayi geraknya kan belum terlalu aktif dan kalau nangis cukup dikasih asi yang terpenting kalau sudah di khitan mau di bawa ke masjid pun aman ya karena sudah bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mila.. bener banget, ngupahannya gampang masih bayi mah. ASI aja beres.. xixii... siip semoga lancar ya nanti mila persalinannya.

      Hapus
  4. Aku pernah baca di artikel yg penulisnya dokter. Katanya waktu yg bagus buat khitan pas bayi. Keren teh, bacanya kebawa deg-degan kebayang punya bayi laki-laki yg dikhitan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh... artikel apa tuh teh syfa? Iya teh.. Alhamdulillah di kasih kesempatan khitan zaki pas masih bayi

      Hapus
  5. Jadi inget waktu khitanin anak pertamaku galang, umur 3 tahun. Padahal tradisi dikampungku anak khitan usia 10 thunan. Jadi kadi heboh karna aku khitanin anak umur 3 thn ๐Ÿ˜‚. Zaki malah lbh keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah.. di sana 10 tahun ya biasanya..
      Sama mba.. disini juga heboh bangeett.. xixii

      Hapus
  6. hihi hebat banget de zaki, kecil-kecil sudah di khitan, semoga sehat selalu yaa

    BalasHapus
  7. makasih ya Teh dah share pengalamannya, bisa jadi bekal kalau punya anak-anak laki-laki :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama teh ridha. Aamiin.. semoga di segerakn teh..

      Hapus
  8. ibu kereennnn....sangat bermanfaat buat saya kelak jika punya anak laki2

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah tenang ya Teh, klo anak udh disunat. Dua bulan yg lalu anak saya jg disunat. Alhamdulillah setelah disunat nafsu makannya jadi bagus. Pdhl sblmnya susah makan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh... iya teh tenang banget. Kayak lunas hutang gtu..
      Nahloh.. ini zaki malah kebalikan. Abis sunat malah GTM :(

      Hapus
  10. Alhamdulillaah,,, salut deh bener sama mamahnya zaki mampu menemani zaki khitan di usia balita...adik bungsu aq malah di khitan pas kelas 2 SD..hehe


    Untuk prinsipnya perayaan khitan sama dengan ortuku mba, ga dirayain


    Ada kejadian lucu (menurut aq), dl pernah diajak kondangan sama mertua, aku sih ga nanya ya dtg aja. Kiranya aq kondangan nikahan. Begitu sampai, taunya kondangan khitanan...meriah sekali ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaa.. sekarang banyaknya hajat khitan hampir sama meriahnya dengan hajat nikahan.. heuu

      Hapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari blog ini.

Postingan Populer