Belajar Asyik Ngeblog di 30 Hari Jago Blogging


Aku bikin blog pertama kali tahun 2011. Waktu itu kalo ga salah gara-gara teteh ku beliin buku Notes From Qatar karya Muhammad Assad. Isinya tentang kumpulan cerita dia di blognya yang isinya tentang keseharian dia selama kuliah di qatar yang akhir di bukukan. 

Dan aku yang notabene suka banget nulis diary langsung tertarik banget untuk buat blog juga. Cerita nya biar punya wadah buat curhat, dll. Tapi dasar waktu itu masih ababil (abege labil) jadi isiiannya tentang galau-galau  aja sih.. hihi..
Mana nulisnya juga kadang-kadang doang kadang semangat, seringnya engga.

Lalu hanya seminggu semangat ngeblog, lalu terbengkalai. Semangat lagi terbengkalai lagi. Sampai-sampai udah bulukan itu blog ga di tengokin sama sekali.

Dan qodarullah.. di pertemukan dengan  Tetty, yang udah malang melintang di dunia perblog-an. Aku sering jadi silent reader di blog nya www.tettytanoyo.com apalagi semenjak hamil dan punya anak, yang aku cari tentu tulisan terkait pengalamannya di dunia per-mommy-an. Tulisannya apik, enak di baca, dan buat aku yang masih belajar jadi ibu, tulisannya Tetty tuh jadi buat aku belajar banyak hal. Secara doi mah udah lebih dulu jadi Ibu nya dan anaknya juga udah dua.

Dan alhamdulillah dia dengan berbaik hatinya bikin program 30 Hari Jago Blogging. Belajar online via WAG. Langsung tanpa pikir panjang aku daftar. Ga mau kehilangan kesempatan begitu saja. Mana limited seat lagi, hanya untuk 12 orang saja pemirsah. Dan alhamdulillah, akupun terpilih menjadi salah satu dari 12 orang beruntung tersebut.



Kesan pertama Grup.

Mungkin karena gak terlalu ramai alias hanya 12 orang, 13 dengan Tetty. Kelas pun jadi terasa lebih dekat satu sama lain. Masing-masing anggota di beri waktu untuk berkenalan lebih jauh, tapi di bagi 4 orang 4 orang tiap harinya. Membuat kita jadi bisa kenal lebih dekat dengan masing-masing nya dan juga membuat grup juga gak terlalu ramai kayak di pasar.


Kesan saat belajar di 30 Hari Jago Blogging.

Materi yang di sampaikan terstruktur. Pertama-tama kita disuruh menentukan niche blog kita apa. Juga sekaligus menentukan kategori tulisan kita yang nantinya jadi label tulisan. Lalu membuat peta konsep dari tulisan yang tujuannya agar kita bisa menemukan berbagai macam ide tulisan-tulisan dari niche dan kategori yang sudah kita tentukan sebelumnya.

Lalu berikutnya kita diminta untuk bikin tulisan selama 7 hari berturut-turut berdasarkan dari kategori dan peta konsep yang sudah kita buat.

Nah, ini  best moment nya menurut aku. Bayangin aja, baru beberapa hari belajar ngeblog, kita udah dituntut untuk ODOP, atau one day one post. Walau hanya 7 hari tapi mantep banget, sangat menantang apalagi buat aku yang udah jarang nulis sebelumnya.

Dan syarat utama dari Jago ngeblog sendiri kan yaitu ngeblog atau posting tulisan. Nah ini yang di tekankan dari 30 hari jago blogging itu sendiri. Yaitu rutin ngepost.

Dan lalu kita pun di kasih materi-materi yang renyah banget. Kepake banget buat ngeblog nya. Sambil learning by doing juga. Walau beberapa materi masih buat aku nge-hang karena belom ngerti dan belom familiar. Tapi over all materi ya dapet lah. Mana Tetty juga ngasih materinya pake bahasa yang enak dan ga bingungin. 

Juga kita diminta gabung dan aktif di komunitas blogger. Dimana dengan ada komunitas kan kita jadi terus termotivasi untuk bisa istiqomah bin konsisten dalam ngeblog.

Oya, kita juga diajarin SEO, dimana kita bisa jadiin tulisan kita di halaman pertama pencarian google, juga kita di ajarin google analytics dimana nanti nya berguna buat kita bisa ngehasilin uang dari ngeblog. Mantep banget kaaaan??

Nah aku bersyukur banget lah bisa dapet ilmu gratisan buat ngeblog dari Tetty ini. Sebuah ilmu dan pengalaman yang tak terduga.

Oya, belajar di 30 hari jago blogging ini jangan harap bisa leha-leha ya.. karena tiap harinya ada deadline yang harus kita kerjakan. Dan kalo kelewat DL maka kita langsung di out dari gruop.

Dan FYI kayakanya Tetty bakal buat pelatihan batch 2 nya nih sebentar lagi. Sooo.. buat temen-temen yang mau gabung di 30 hari jago blogging batch#2 stay tune aja  di www.tettytanoyo.com atau www.momtanoyo.com.




Komentar

Postingan Populer