Berkebun di Taman Sendiri


Dari dulu.. aku punya cita-cita pengen berkebun.

Tapi cita-cita hanyalah cita-cita, karena di saat tinggal di Bandung dulu di lingkungan rumah ku ga ada tanah. Mau berkebun di pot pun rada bingung dulu nyari tanah nya di mana. (Emang ga niat aja kali ya dulu mah) 😂

Dan Qodarullah. Sekarang di Cikarang ini tanah melimpah ruah. Mana subur dan makmur. Jadilah aku dan suami coba-coba nanem segala macem.

Penampakan kebun depan rumah

Pertama yang di tanam adalah Pohon mangga. Pohon cangkokan yang masih kecil mungil. Sempet berbuah, tapi lambat laun berguguran.😭

Lalu bertambah ke kangkung, bawang daun, pepaya dan rumput-rumput hias beli di emang-emang yang maksa abis. 😭

Nah.. pas liat apa yang di tanamin tumbuh, ada rasa bahagia banget. Walau belum ngerasain hasil nya. Tapi liat tunas-tunas nya aja udah seneng bangeeeet.

Dan lambat laun suami pun jadi hobbi berkebun. Segala macem di tanamin. Mulai dari cabe, tomat, pare, bayem merah, kacang panjang, pepaya, singkong, timun, timun suri, dan jagung.
Cabe setan siap panen

Beberapa udah udah berbuah dan udah kita nikmatin hasilnya. Beberapa lagi masih harus bersabar.

Tapi rasa seneng nya setiap kali liat ada cabe yang tumbuh perlahan, atau tomat yang menguning, juga pepaya yang makin lama makin tinggi pohonnya dan bakal buahnya makin banyak itu gak bisa di gambarkan deh.. 

Dan setelah tau prosesnya berkebun gimana, aku jadi suka ngerasa kasian sama petani-petani. Kan, proses dari nabur bibit dan jadi berbuah tuh lamaaaa banget, tapi kok sayuran kadang di jualnya murah banget. Belom lagi ya kalo baca-baca ada tengkulak nya juga tuh yang suka bikin petani tambah rugi. Hiks..😢😢

Timun suri, asli nya gede banget loh

Oya.. yang perlu banget di garis bawahi ini yang rajin nanem dan ngerawat tuh suami aku. Soalnya dari pertama nyoba nanem aku angkat tangan, karena yang ada ujang Zaki ikut turun main tanah. Alhasil dari nabur bibit sampai ke nyiram 2x sehari itu urusannya suami.

Tapi suami aku ini rajin banget looh.. sampai-sampai aku cemburu sama taneman-taneman nya saking doi perhatiannya. Bangun tidur, siram taneman, beresim taman, nanem-nanem. Pulang kerja langsung siram-siram taneman. Dan kalo dia belum sempet nyiram pas pagi, sebelum berangkat kerja tuh pesennya, jangan lupa siram taneman sama beresin taman gtu.. haha..

Nah kalo aku mah kebagian tugas pas panen nya aja (ngolah dan makan pas udah panen) sama dikit-dikit bantu beresin klo liat rumput-rumput kering bertebaran. 😀

Menunggu panen pepaya

Alhamdulillah, bisa menikmati hasil bumi dari taman sendiri.

Alhamdulillah bisa juga sedikiiiit jerih payah para petani di Indonesia sini.

Alhamdulillah juga bisa merasakan nikmat Allah yang sangat besar dari setiap proses berkebun ini.

Sekian tulisan saya kali ini, tentang berkebun di taman sendiri. Semoga bermanfaat ya..






Komentar

  1. aku juga pengen banget nanem sayuran di belakang rumah, tapi suami gak ngijinin, mungkin karena suami gak mau cape, karena kalau pulang ke mamah mertua pun suami pasti sibuk sama kebunnya. jadi mungkin dia gak mau ribet dua kali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gpp mil, nanti tinggal ambil panen dr mertua. Sama sama berkebun jadinya.. :)

      Hapus
  2. Keren teh, sumber pangannya dihalaman rumah sendiri. pastinya lebih sehat ga pakai pestisida

    BalasHapus
  3. Enak ya bisa petik dan gak perlu beli ke pasar. Heheh aku juga pengen banget

    BalasHapus
  4. saya pengeeeen banget bisa nanem tanaman tapi kendalanya drumah tanahnya kering banget. pernah nanem di pot malah mati, hiks. sukaaaa tulisannya. keep the good work up

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heuu... dulupin kendala ku gtu mba yeni. Makanya Alhamdulillah bgt. Dikasih tanah subur di sini. Makasih ya mba..

      Hapus
  5. Mantaap Teh, aku pun punya cita-cita yang sama. Punya kebun mini di rumah. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh ridhaa.. ternyata menyenangkan sekali. Tiap bangun tidur liat yang ijo-ijo. Jadi fresh deh

      Hapus
  6. Senengnya, aku juga dulu punya cita-cita punya kebun di rumah teh, tapi kayanya kurang berbakat, soalnya tanaman-tanaman di yang aku pelihara berakhir mengenaskan huhu, kapan-kapan share tentang tips berkebun ya teh heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya inipun yang berbakat sih suamiku berarti. Wah.. tips berkebun.. akupun gatau tiwi.. :D

      Hapus
  7. Hihi sma mba.. drmh jg dtanin sgla macem tneman sma bapak.. lumayan ketolong bngt wktu hrga cabe lgi naik2nya.. ga perlu ikut rempong soalnya buah cabe berhamburan di halaman..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ayu... itu pisan.. kalo lagi langka dan mihil kan jatuhnya hemat ya... xixi...

      Hapus
  8. Waah...aku suka .aku suka.. Seneng banget ya mba bisa panen sendiri di deket rumah apalagi...lumayan lah bisa belanja .apalagi kalau ada cengek (cabe rawit, kalau di gambarnya mba, cabe setan) pas musim mahal2nya..ahaha...tetap lega hati :D

    BalasHapus
  9. Seneng bgt teh liatnya. Cita2 saya dari dulu kalau punya rumah pengen yg halamannya luas, jadi bisa ditanam berbagai jenis tanaman. Kalau perlu apa2 tinggal metik aja. Seru!

    BalasHapus
  10. Sama Reni, aku juga nanem timun suri. Dan seneng banget pas panen, padahal kalau beli cuma 5 ribu ya, tapi perasaan bahagianya beda bgt.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari blog ini.

Postingan Populer