Mama Mertua Tersayang

Bicara pernikahan. Rasanya takkan pernah ada habisnya. Suka duka nya, manis pahitnya, lope lope dan ngeselinnya, ahhh.. pokoke gak ada abisnya.

Dan bicara pernikahan kali ini, aku ingin menceritakan tentang salah satu hal terpenting dari sekian banyak hal yang membuat aku sangat bersyukur dalam pernikahan ini.

Yaitu Mama mertua ku.

 


Salah satu doaku sebelum menikah, adalah ingin memiliki ibu mertua yang baik. Dan alhamdulillah, aku mendapatkannya. So... buat yang belom menikah, jangan lupa berdoa salah satu item penting ini ya. Mumpung masih ada kesempatan.  😉

Keibuan. Itulah kesan pertama ku saat bertemu dengan beliau. Cantik, penyayang, pekerja keras, dan yang lebih aku syukuri lagi, sangat terbuka, open minded, dan demokratis. Itu penilaianku setelah dua tahun lebih ini aku memanggilnya 'Mama'.

Saat bersama beliau selalu saja banyak cerita kehidupan mengalir dari nya. Dan semakin membuat aku kagum, dan bersyukur telah menjadi bagian hidupnya kini.

Dan yang paling berkesan dari beliau adalah saat aku tinggal selama sebulan bersama nya, saat setelah melahirkan Zaki.

Saat itu, aku sempat khawatir, mendengar cerita orang-orang sehabis melahirkan yang diatur sangat erat dengan mitos-mitos dan ritual yang malah membuat akhirnya si ibu mengalami PPD (Post Partum Depression).

Aku belum tahu seperti apa mama mertua berpandangan tentang mitos-mitos tersebut. Aku sempat takut akan di hadapkan dengan berbagai macam pantangan dan ritual. Di mana kalo Mama mertua yang merintah, kayaknya aku ga akan berani membantah atau melawan dengan sejuta teori.

Tapi.. Alhamdulillah. Gak ada sama sekali pantangan atau ritual apapun dari Mama buat aku. Aku tidur siang setiap hari selama nifas. Gak dimarahin gak pake gurita, stagen, atau korset. Dibolehin keramas, walau hanya boleh pagi-pagi. Dimasakin terus sayur-sayur hijau bergizi tinggi yang baik untuk ibu menyusui. Walau makanan pedes sangat dilarang beliau waktu itu. Hehe..

Lalu kita kadang nonton film india bareng, kesel-kesel gemes bareng sama alur cerita film nya. Kadang juga cerita ngalor ngidul, sambil nyemal-nyemil. Ahh.. asik banget deh.

Selama sebulan penuh saat aku tinggal di rumahnya aku sangat di manjaaaaa sekali. Juga di pastikan mendapat service pijit dari emak paraji sekali setiap minggu nya. Mantap banget kaan?



Sekarang pengalaman ini sangat aku syukuri, apalagi setiap aku dengar orang-orang banyak yang tersiksa sehabis lahiran karena terlalu banyak pantangan dan aturan bagi ibu nifas dan menyusui. Hingga akhirnya berpengaruh lah ke ASI mereka.

Ah.. aku sangat bersyukur memiliki mama mertua seperti beliau. Begitu open minded, kekinian dan demokratis.

Dari beliau banyak hal baik yang dapat aku pelajari. Tentang bagaimana menjadi seorang istri, seorang ibu, dan tentunya menjadi seorang mertua juga nantinya. Bahwa kita harus bisa memperlakukan menantu kita seperti anak sendiri.

Dan semoga aku pun bisa menjadi menantu yang baik buat beliau. Bukannya malah jadi menantu ngeselin. Hehe..

Dan Mama..
Terimakasih sudah merawat Suamiku dengan baik dari kecil hingga ia dewasa dan bisa menjadi begitu baik padaku dan anaknya kini. Tanpa jerih payahmu, itu semua tak berarti Mah.
Terimakasih sudah menjadi ibu mertua yang baik, dan menganggap ku sama seperti anak-anakmu.
Dan terimakasih telah menjadi nenek yang sangat perhatian pada cucu nya.
Terimakasih Mah!




Komentar

  1. Alhamdulillah ya mbak 😊.. sama-sama punya mamah mertua yang baik..kalau aku nanti lahiran mwu di rumah mamah aku sendiri..pengen jg si di urus di mmh mertua, tapi karena jauh ke kota jadi mamah aku gak ngijinin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Alhamdulillah rejeki bgt. Kapan HPL nya mba? Semoga lungsur langsar yaa :)

      Hapus
    2. inshaallah HPL nya tgl 27 Desember 2017 teh..aamiin ya mujibassailin

      Hapus
  2. So sweettt ih Reni. Alhamdulillah Mama mertuaku juga baikkk bgtt. Tipikal ibu rumah tangga banget, dan dulu pun ikut jagain kifah pas aku kuliah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Ty.. rejeki banget punya mertua baik teh..

      Hapus
  3. Akkk mba reni.. mupeng deh pnya mertua kya mertua mba..
    smga nnti ayu juga bsa kompakan juga sma mertua kya mba reni sma mama mertua yaaa..

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah. Saya dl sblm menikah yg ditakutkan itu ibu mertua. Karena pengalaman sahabat saya yang ga betah tinggal sama ibu nertuanya. Dan saya pas nikah harus serumah sama ibu mertua kr suami anak tunggal. Awalnya takut. Takut ga bs adaptasi. Tapi ternyata ibu mertua orangnya baik bgt. Malah sring jalan2 bareng dan bajunya samaan. Enak bgt lah. Perhatian bgt. Baiik bgt. Gaul bgt. Heheehe. Kekinian.saya kalah aja kalau soal fashion ter anyar

    BalasHapus
  5. Masya Alloh, alhamdulillah mba Reni, yang utama hunsuzan dan banyak berdoa sama Alloh ya, walaupun banyak orang cerita aneh2 soal ibu mertua, tp ga semua ibu mertua itu menakutkan.

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah bgt ya Teteh. Saya jg bersyukur bgt punya ibu mertua yg baik dan sayang bgt. Setiap kami berkunjung ke rumah mertua, kami seperti tamu istimewa. Segala makanan kesukaan saya beliau masakin. :-)

    BalasHapus
  7. Senangnya ya teh, aku jg pas lahiran ibu mertua yg ngurus dan kami rumahnya tetanggaan. Jadi sering dikirimin makanan dech.

    BalasHapus
  8. Aku juga sangat bersyukir punya mertua yang super baik. Udah anggap kayak anak sendiri. Kasih sayangnya disamain kayak anak kandungnya.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, seneng bacanya Mba Reni :)

    BalasHapus
  10. Baarokallaah ummu zaki...bahagianya memiliku mertua baik hati...mudah2an nanti kita juga jadi mertua yag baik hati buat anak2 menantu..aamiin

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih telah berkunjung dan berkomentar. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari blog ini.

Postingan Populer